Blog biasa dari orang biasa

10.22.2009

Sebagian besar kita, pengguna komputer (windows), ketika menguninstall sebuah software biasanya cukup dengan mengeksekusi file uninstall bawaan software tersebut. Atau lewat fasilitas Add/Remove Program di Control Panel. Tapi dengan cara seperti ini, masih ada jejak yang tersisa dari software yang kita uninstall.

Ada baiknya kita menguninstall software sampai bersih ke akar-akarnya. Kenapa begitu? Ini akan menghindarkan error, crash (misalnya ketika kita menginstall software versi yang lebih baru dari yang sudah ada di komputer kita), atau untuk mencurangi software trial version (begitu expired, uninstall trus install lagi... he..he..).

Untuk keperluan ini kita bisa menggunakan Revo Uninstaller. Sebuah software kecil tapi sangat bermanfaat. Dan yang pasti Free alias gratis.


Ada 4 mode yang bisa kita jalankan dengan Revo uninstaller. Built in, Safe, Moderate, dan Advanced. Pada mode Built-in, RevoUi kan menguninstall program layaknya Remove Program di Control Panel. Pada mode Safe, RevoUi akan mencari file-file sisa program yang tidak ikut terhapus saat proses uninstall dan dianggap aman bila dihapus. Mode Moderate, mode defaultnya RevoUi, akan mencari file-file sisa di kebanyakan tempat yang digunakan software-software menyimpan informasinya di komputer. Sedangkan pada mode Advanced, RevoUi akan mencari semua file sisa yang ditinggalkan suatu software di komputer. Mode ini paling bersih tapi juga paling lambat.


Pada mode defaultnya RevoUi. Moderate, ada 4 tahap yang dilakukan software ini. Membuat system restore point, menganalisa data software yang akan diuninstall, kemudian mengeksekusi file uninstall bawaan software yang akan diuninstall (jika ada), dan terakhir melacak file-file sisa software yang telah diuninstall.


Setelah melacak file-file sisa, RevoUi akan menyajikan hasilnya. Pertama, biasanya file-file yang teringgal di registry. kita cukup mencentang (check) pada file yang di bold, kemudian delete. Itu jika kita ingin menghapus file sisa di registry. Jika tidak, pilih next (skip). Lalu jika masih ada file sisa lain, umpamanya di start menu, RevoUi akan menawarkan kepada kita untuk dihapus atau tidak. Finish.





Selain fungsi utamanya sebagai clean uninstaller, RevoUi juga menyediakan beberapa tools yang sangat berguna untuk mendukung kinerja komputer. Misalnya, ada autorun manager. Kita bisa menghapus atau mendisable aplikasi yang autorun tapi tidak penting sehingga waktu start-up windows bisa lebih cepat.

Selain itu ada juga fasilitas cleaner untuk bersih-bersih komputer dari file-file yang tidak bermanfaat. Lumayan, bisa menambah space harddisk (walaupun tidak banyak..).



Revo Uninstaller bisa kita download di website mereka http://www.revouninstaller.com/revo_uninstaller_free_download.html

0 komentar:

Posting Komentar