Blog biasa dari orang biasa

6.06.2009


Anda yang punya hobi atau bahkan profesional dalam desain grafis tentu tak asing lagi dengan Corel Draw atau Adobe Illustrator. Dua software itu bisa dikatakan tool wajib para desainer. Keduanya adalah software desain berbasis vektor.

Tapi bagi anda yang senasib dan sehaluan dengan saya, pecinta barang gratisan, karena tidak cukup dana (atau emoh keluar uang) untuk beli software asli, ada sebuah software alternatif serupa yang bisa kita gunakan. Apalagi kalau menggunakan sistem operasi Linux. Namanya Inkscape. Meskipun gratis, kemampuannya tidak kalah dengan software berbayar tadi.



Sekilas tampilan Inkscape mirip dengan Corel Draw. Fitur-fiturnya juga tak jauh beda, seperti rectangle dan ellipse tool, shape tool, text tool, box 3D, trace bitmap, fitur intersect, union, exclisions, division, dan berbagai efek seperti efek gradasi dan lainnya.

Inkscape mendukung penyimpanan dengan berbagai format, antara lain svg, adobe illustrator (ai), povray, gimp pallete, dan gimp layer. Versi stable inkscape yang terakhir (inkscape 0.46) bahkan bisa membuka format Corel (.cdr) meskipun masih belum optimal dan berantakan. Inkscape juga mendukung konversi ke format PNG dan PDF.

Yang tertarik, software ini bisa didownload dari situsnya, www.inkscape.org (atau klik link ini), untuk inkscape 0.46 versi Linux, windows, atau Mac.

1 komentar: