Blog biasa dari orang biasa

6.06.2009

Di windows vista atau MacOS, kita biasa menjumpai launchbar yang sangat menarik. Berupa ikon-ikon yang berloncatan ketika dilewati mouse. Kalau di klik, fungsinya sama dengan shortcut di desktop, memunculkan aplikasi tertentu.

Di Linux pun kita bisa melakukan hal yang sama. Ada banyak pilihan launchbar seperti ini, misalnya Awn, sim-dock, atau wbar. Karena sejak awal saya suka yang ringan, sejalan dengan alasan memilih Xfce, maka disini hanya membahas wbar (sebenarnya sih karena belum pernah coba yang lain.. :D)


Pertama, kita install dulu aplikasi ini. Sourcenya bisa diunduh di sini. Juga tersedia paket *.deb untuk debian dan turunannya. Untuk paket zenwalk (*.tgz), bisa kita unduh di link ini.

Setelah terinstall, kita coba jalankan dengan mengetik perintah seperti ini di terminal

$ wbar -above-desk -bpress

List lengkap perintahnya bisa kita baca di ReadMe atau dengan perintah wbar -help. Wbar tidak berjalan jika hanya dengan perintah wbar.

Selanjutnya kita kustomisasi agar wbar menampilkan ikon-ikon sesuai keinginan kita. Ada 2 cara untuk keperluan ini. Cara pertama dengan mengedit file .wbar. Copy file bernama dot.wbar yang ada di /usr/share/wbar ke direktori home kita (/home/nama-user). Kemudian kita rename menjadi .wbar. File ini akan jadi hidden file.

Kita buka file ini dengan text editor, misalnya mousepad. Disitu ada kode i, c, dan t. 'i' kita isi dengan lokasi icon, 'c' dengan perintah untuk mengeksekusi program, dan 't' dengan nama aplikasinya. Misalnya kita ingin membuat launchbar untuk Openoffice Writer, dengan ikon MacUltimate_Leopard. Maka kita ediit jadi seperti ini

i: /usr/share/icons/MacUltimate_Leopard/scalable/apps/ooo-writer.png
c: swriter
t: OOo-Writer

Cara kedua, yang lebih mudah, yaitu dengan wbarconf (Wbar configuration). Source dan paket *.deb bisa didownload di sini. Pada paket wbar-nya zenwalk, wbarconf sudah include di dalamnya. Wbarconf ini menyediakan grapical user interface untuk memodifikasi tampilan wbar. Jadi tidak perlu mengedit file .wbar, cukup klik-klik-klik dengan mouse.


Puas mengutak-atik wbar configuration? Jangan lupa di-save. Klik refresh untuk melihat hasilnya. Sekarang kita tinggal membuat aplikasi ini otomatis berjalan ketika start-up. Kita bisa menambahkan wbar di autostart application (Menu > Settings/ Xfce Settings Manager > Session and Startup). Command-nya paling gampang kita copy-paste dari file .wbar, agar sesuai seperti yang kita atur melalui wbar configuration (copy baris yang diapit tanda “...” pada bagian wbar command=).

Screenshot
1. wbar di komputerku
desktop wallpaper : AkhmadGuntar.com

2. wbarconf di ubuntu (www.deviceguru.com)

2 komentar: