Blog biasa dari orang biasa

6.07.2009

Saya sangat tertarik dengan banyak screenshot Linux yang menampilkan jendela-jendela aplikasi yang transparan, sehingga gambar background di desktop kelihatan. Juga efek 3D yang menarik. Saat itu saya hanya bertanya-tanya, bagaimana ya caranya biar bisa kaya' gitu? Harus diinstall apalagi Linux-ku ini?


Ternyata eh ternyata, Xfce sudah mendukung efek transparan ini. Tingal mengaktifkan saja. Untuk efek 3D, saya harus menginstall compiz fusion dulu. Pernah saya coba, tapi si compiz bilang, VGA komputer saya nggak support :,(

Nah bagaimana cara mengaktifkan efek transparan Xfce? Kita bisa mengaktifkannya lewat menu Compositor di Window Manager Tweaks (Menu > Settings > Window Manager Tweaks). Check (centang) pada pilihan Enable display compositing. Pilihan ini tidak hanya mengaktifkan efek transparan, tapi juga efek bayangan (shadow). Setelah itu tinggal kita atur sesuai keinginan kita.

1 komentar:

  1. mantap gan, keep posting yah.. ane pakai xfce di ubuntu 10.10 nih

    BalasHapus