Blog biasa dari orang biasa

6.13.2009

Ada kalanya, saat kita menjalankan aplikasi di komputer, terjadi error, crash, not responding, atau apapun lah namanya. Dalam situasi seperti ini, pengguna windows biasanya menggunakan jurus CTRL+ALT+DEL untuk memunculkan task manager, kemudian aplikasi yang error tadi di-terminate. Atau pakai cara yang ekstrem, mungkin karena hang atau karena tidak tahu caranya, langsung pencet tombol restart manual.

Dalam sistem operasi Linux, kita bisa memakai command 'top' (tanpa tanda petik) pada terminal (konsol). Fungsinya, menurut saya, hampir seperti windows task manager, bahkan lebih hebat. Dengan mengetikkan tiga huruf itu, kita bisa melihat program apa saja yang sedang berjalan saat itu.

Oke, sekarang kita akan menggunakan command top di terminal untuk menutup aplikasi yang bermasalah. Misalnya saja, ketika kita sedang asyik mengetik, tiba-tiba OOoWriter ngadat. Mau melanjutkan acara ngetik, nggak bisa. Di-close juga nggak mau. Hidup segan, mati tak mau. Saatnya panggilan untuk terminal. Begitu terminal siap, langsung ketik top, enter.


Karena mode-nya sebagai user biasa, kita hanya bisa mengeksekusi program yang aksesnya dimiliki user biasa, bukan root. Kita cari aplikasi OOoWriter tadi di daftar kolom paling kanan. Dalam skrinsut di atas, OOoWriter diwakili oleh soffice.bin. Kemudian kita cari angka PID-nya di kolom PID (paling kiri). Dalam kasus ini, PID-nya adalah 2345. Tekan tombol K pada keyboard. Akan muncul kalimat PID to kill: Kita masukkan angka PID tadi (2345), kemudian tekan enter 2 kali (pada enter yang pertama kita akan berjumpa semacam pertanyaan apakah anda yakin?, enter yang kedua adalah eksekusinya)

Saat itu juga, si OOoWriter lenyap dari monitor. Mudah bukan? Intinya membunuh PID-nya. Mungkin ada cara lain yang lebih efektif dan efisien, tapi saya belum tahu.
Menggunakan terminal terkadang memang terlihat rumit, njelimet, atau kuno. Tapi setelah terbiasa, asyik banget. Bahkan rasanya keren, hi-tech..

2 komentar:

  1. infox berguna lhoo..

    BalasHapus
  2. thank brow, berguna banget.. dan banyak membantu bagi yang masih newby di linux...

    BalasHapus