Blog biasa dari orang biasa

6.18.2009

Jalan-jalan di zenwalk packages, saya bertemu sebuah aplikasi yang saya cari-cari, SoundConverter. SoundConverter memanfaatkan library gstreamer, jadi tidak ada hambatan untuk menginstall dan langsung memanfaatkannya di zenwalk karena sudah ada Totem media player.

SoundConverter (versi 1.4.2) mampu mengonversi file musik/ audio ke format OGG Vorbis (.ogg), MP3 (.mp3), FLAC Lossless (.flac), dan MS Wave (.wav). SoundConverter juga bisa kita manfaatkan untuk kompresi file musik dengan menurunkan bitrate-nya, atau malah menaikkan bitrate untuk mendapatkan kualitas yang lebih baik dengan ukuran file lebih besar tentunya. Tapi logikanya, nggak mungkin bisa file yang lebih rendah kualitasnya jadi lebih bagus dengan menaikkan bitrate.


Tampilannya sederhana. Penggunaannya pun sangat mudah. Kita tinggal menambahkan file yang mau di konversi dengan klik Add file atau File > Add file (CTRL+O), lalu klik Convert. Tapi jangan lupa untuk mengatur preferences terlebih dulu (Edit > Preferences) untuk mendapatkan output yang kita inginkan. Setelah itu kita tinggal menunggu hasilnya.

Preferences

Sedang mengoversi file .mp3 ke .ogg

Jika dibandingkan dengan beberapa freeware yang saya punya untuk windows, saya pikir output dari SoundConverter ini lebih baik. Meskipun dari sisi tampilan dan format file yang disupport masih ketinggalan. Software ini patut dicoba.

0 komentar:

Posting Komentar