Blog biasa dari orang biasa

7.24.2009

Mungkin banyak yang sudah kenal dan menggunakan dua koleksi audio player yang baru saya dapatkan ini. AIMP2 dan Foobar2000. Dua aplikasi free yang powerful, kecil ukurannya, dan ringan. Berikut ini review dari saya sebagai pengguna pemula

AIMP2
Software ini tampilannya mirip winamp. AIMP2 ini free of charge alias gratis. Bedanya AIMP2 hanya support file audio dan tidak bisa digunakan untuk memutar video. AIMP2 dibuat oleh Artem Izmaylov dari Rusia.

Software ini kecil dan ringan. File instalasinya hanya sebesar 3.7 MB. Setelah memakai AIMP2, winamp yang selama ini nangkring di komputer saya langsung saya uninstall. He..he.. Habis manis sepah dibuang. Biarpun tidak bisa memutar video, toh saya lebih suka nonton film dengan WMP + K Lite Codec Pack.



Selain sebagai pemutar audio, AIMP2 dilengkapi dengan tool audio converter dan tag editor. Fitur lainnya sebenarnya masih banyak, hanya saja saya belum tahu atau tahu tapi tidak paham kegunaannya. Secara umum, untuk masalah fitur AIMP2 lebih mirip Cowon Jet Audio.


AIMP2 audio converter


AIMP2 tag editor

Foobar2000
Foobar 2000 juga hanya sebagai pemutar audio. Software ini juga ringan seperti halnya AIMP2. Tampilannya sederhana, mengingatkan saya pada beberapa audio player di Linux. File instalasinya hanya 3 MB. Dan tentu saja gratis.

Jika kita bosan dengan tampilannya, kita bisa mengganti skin Foobar2000. Tapi ternyata cukup susah mengganti skin Foobar2000. Kita terlebih dahulu harus menginstall beberapa plugin seperti column_ui, ui_panels, dan lainnya sesuai kebutuhan skin.


Soal kualitas suara, saya tidak begitu ambil pusing. Lagipula saya tidak punya speaker yang bagus. Tapi dari review beberapa sumber, Foobar punya kualitas yang bagus. Dan memang seperti itu jika diperhatikan. Setidaknya, lebih baik dari AIMP2.

Ingin mencoba?
Download AIMP2 di http://www.aimp2.us/
Download Foobar2000 di http://www.foobar2000.org/download

0 komentar:

Posting Komentar