Blog biasa dari orang biasa

8.04.2009

Kemarin, saya iseng-iseng mencari aplikasi Office yang gratis (selain Open Office tentu saja) dan sesuai untuk spek komputer tua saya. Tujuan utama saya sebenarnya lebih kepada pengganti Ms Powerpoint. Abiword dan Gnumeric mungkin jadi opsi yang pas (sekali lagi mengingat spek PC) untuk menggantikan Ms Word dan Excel. Belum adanya pengganti Powerpoint-lah yang membuat saya lebih memilih bersabar dengan Open Office.

Om Google memberikan beberapa link. Dan yang paling menarik adalah saat saya membuka link mydigitallife.com. Seperti saat mendapatkan informasi tentang lisensi gratisnya Ashampoo Office di ebsoft.web.id, katanya kita juga bisa mendapatkan lisensi gratis Kingsoft Office 2007. Tapi sayangnya, saat saya buka link untuk request lisensi gratisnya, nampaknya sudah tidak berlaku lagi. Telat ! Rupanya ini memang berita lama. Entah masih tersedia atau tidak, konon kita juga bisa request lisensi buat KSOffice 2007 lewat email. Tapi saya males kirim email dengan bahasa Inggris.

Tenang, masih ada opsi lain. Di China dan Vietnam, Kingsoft memberikan aplikasi officenya untuk didownload dan digunakan secara cuma-cuma. Saya download yang disediakan di Vietnam karena yang ini English version. Sedangkan yang di China hanya disediakan Chinese version. Tanpa serial number, keygen, apalagi crack, saya sekarang memiliki Kingsoft Office Personal edition full dan free of charge!
Berikut ini review amatiran versi saya mengenai Kingsoft Office 2007.

Kingsoft Office yang saya dapatkan ini KS Office 2007 Personal Edition, yang hanya terdiri atas tiga aplikasi office utama, yaitu KS Writer 2007, KS Spreadsheet 2007, dan KS Presentation 2007. KS Office 2007 sangat mirip dengan Ms Office 2003. KS Office mungkin aplikasi office yang paling mirip dengan Ms Office, baik secara look feel maupun penempatan menu-menu dan toolbar yang ada.


Saat membaca system requirement KS Office 2007 di file Read Me-nya, saya benar-benar puas. Coba baca ini
Basic Configurations:
CPU: Pentium II 266MHz or higher;
Memory: at least 64M;
Hardware: at least 80M available space;
IE: version 6.0 or higher.
Recommended Configurations:
CPU: Pentium III 450MHz or higher;
Memory: 128M or larger;
Hardware: 100M available space;
IE: 6.0 SP2;
Printer: the prevalent printer on the market.

Komputer saya masuk batas recommended..! Duh senengnya. Waktu loading yang dibutuhkan KS Office 2007 ini sekitar 10 detik. Termasuk cepat menurut saya.

Selain format bawaan KS Office (*.wps,*.et, *.dps), KS Office 2007 mendukung beberapa format file, terutama formatnya Ms Office 2003 (*.doc, *.xls, *.ppt). KS Office 2007 juga bisa membuat file PDF. Sayangnya KS Office 2007 tidak mensupport format open document file (.odt, .ods, .odp) dan MS Office 2007 (.docx, .xlsx, .pptx). Tapi itu bukan masalah besar. Namanya juga gratisan.. :D

Sebenarnya ada satu hal yang cukup mengganggu. Ada iklan yang disusupkan pada aplikasi ini, dan tidak bisa dihilangkan. Saat membuka KS Presentation mungkin tidak jadi soal. Tapi iklan ini cukup mengganggu saat membuka KS Writer dan Spreadsheet karena mempersempit ruang kerja. Satu-satunya solusi yang bisa saya lakukan hanya menyembunyikan dengan menggeser (drag) ke bagian pojok kanan bawah.

Secara umum, aplikasi ini tidak mengecewakan, dan bisa jadi alternatif paling menarik untuk menggantikan Ms Office. Jika anda ingin mendapatkannya, silakan buka link ini. Anda akan mendapatkan direct link tanpa perlu registrasi apapun. Ukuran filenya hanya sebesar 49 MB. Atau jika anda ingin mendapatkan versi terbaru (KS Office 2009), anda bisa kunjungi website resmi Kingsoft. Tapi tidak gratis alias berbayar ($ 69.95). Anda bisa mendownload versi trialnya yang berlaku 100 hari (lumayan lah...) kalau tidak ingin membeli.

2 komentar:

  1. serius nich, kingsoft office 2007 gratisan! yakin, suwer, sumpah, betulan. Kalau iya saya download dulu ahh. Kalau g, takut dosa

    BalasHapus
  2. Serius dong... Tapi... menurut EULA-nya, ini gratis dan legal cuma buat orang Vietnam. Kita? ya ilegal menurut EULA

    BalasHapus