Blog biasa dari orang biasa

9.01.2009

Pernah saya download film di internet, 6 file yang belakangnya ada embel-embel .001, .002, ..., .006 di tiap filenya. Anehnya yang bisa ditonton cuma yang pertama. Yang lain, katanya error di headernya. Akhirnya, saya delete file film tersebut. Huss.. jangan ketawa..!!

Beberapa hari kemudian, saya bertemu dengan kenyataan betapa konyolnya saya. Hiks... Ternyata file-file itu adalah file yang sengaja dipecah (split) agar mudah diupload dan didownload. File-file tersebut harusnya digabung (join) dulu dengan software joiner. Oow.. Ya sudahlah, namanya juga belum tahu.

Nah, sekarang saya ingin share beberapa software splitter and joiner yang pernah saya pakai. Yang gratisan tentunya.

1. HJSplit
HJSplit, salah satu spltter and joiner yang sangat populer, meskipun gratis. Software berbayar malah jarang saya temukan. HJSplit ini buatan freebyte.com. Tampilannya cukup simpel, dengan fitur splitter, joiner, compare, dan checksum. Installernya hanya 344KB. Selain untuk Windows, HJSplit mampu menangani file sebesar 10GB bahkan lebih. HJSplit juga tersedia untuk Linux.
Download dan informasi lainnya tentang HJSplit, cek di sini.


2. FFSJ
FFSJ juga cukup populer. The Fastest File Splitter and Joiner, kepanjangan dari FFSJ. Saya tidak tahu, apakah benar yang tercepat (seperti namanya) atau tidak. Tidak pernah bikin perbandingan. Selain splitter dan joiner, FFSJ juga menyediakan fitur MD5 Checksum. FFSJ tersedia dalam 2 pilihan, FFSJ Lite dan FFSJ standard. Dengan FFSJ Lite, kita tidak perlu menginstall (portable). Sedangkan FFSJ Standard perlu diinstall di komputer, yang nantinya FFSJ akan ditambahkan pada context menu pada file yang berasosiasi dengan FFSJ.
Download dan informasi lainnya tentang FFSJ, cek di sini.


3. GSplits
GSplits belum begitu populer. Sebenarnya saya juga belum pernah menggunakannya, karena belum lama saya koleksi software ini. Tapi dari sisi tampilan dan fitur, GSplits nampaknya yang paling keren dan paling komplit. Langsung saja ke link ini untuk informasi detail dan download. Tersedia juga versi portable.


4. 7zip
7zip sangat populer lebih untuk urusan kompresi file. 7zip merupakan freeware yang cukup banyak direkomendasikan untuk menggantikan tempat Winrar. Tapi selain untuk compress/ uncompress, 7zip juga menyediakan fitur split dan combine. Letaknya di menu File > Split files atau File > Combine files. Selebihnya, kita bisa cari informasinya di sini.

Empat freeware itu saja dulu yang saya share, karena cuma 4 itu yang sudah saya koleksi. Semoga tidak mengalami pengalaman seperti saya.

0 komentar:

Posting Komentar