Blog biasa dari orang biasa

10.30.2009

Beberapa kali saya ditanya bagaimana caranya membuat Read More, Baca Selengkapnya, atau apalah namanya, biar muncul di postingan blog yang kita buat. Jawaban saya sih gampang saja, tanya simbah Google...! Yup, karena saya juga nggak tahu caranya (baca: gak apal kodenya!!). Kalau mau serach Google, wuih.. banyak banget result-nya. Tinggal pilih.

"Aku sudah baca tutorialnya, tapi pas dipraktekkan kok tetep nggak bisa muncul..?"
"Wah... ya embuh... Dulu aku pernah buat, bisa tuh... nggak ada masalah."

He..he.. sudahlah, saya coba bikin tutorial yang 75% njiplak tutorial-nya orang lain.

Cara pertama, yang praktis dan tidak repot, cari template yang otomatis sudah membawa kode "Read More". Contohnya seperti blog-nya LPMS. Saya tidak pernah ngutak atik apapun yang berkaitan dengan "Read More". Paling cuma widget, link-link, dan gambar header-nya. Di setiap postingan blog LPMS selalu muncul "Read More" meskipun lewat mode WYSIWYG (what you see is what you get), tidak pernah pindah ke mode edit HTML. That's it!

*******


Cara Kedua, yang agak advance. Jujur saja saya njiplak tutorial orang, karena (sekali lagi) nggak hafal kodenya. Ada 2 langkah yang harus kita lakukan.

Langkah pertama, copy kode berikut ini. Waduh.. nampilin kodenya di tutorial ini susah banget ternyata... :(

<span class="fullpost">


</span>

Akhirnya muncul juga... Copy kode diatas ke Pengaturan > Format > Template Entri (kotak paling bawah). Kemudian simpan. Sudah..? Lanjut gan..!


Langkah kedua, buka Tata Letak > Edit HTML
Sebaiknya simpan/ backup dulu template yang kita pakai dengan mengklik Download Template Lengkap. Ini langkah aman saja, supaya nanti kalau terjadi salah edit kode, bisa dikembalikan lagi seperti sedia kala.
Kemudan contreng Expand Template Widget

Cari kode berikut ini (kalau pake firefox, tekan CTRL+F biar gampang mencarinya)

<data:post.body/>

atau

<p><data:post.body/></p>

Sudah ketemu? Kita ganti kode tersebut dengan kode berikut ini

<b:if cond='data:blog.pageType == "item"'>
<style>.fullpost{display:inline;}</style>
<p><data:post.body/></p>
<b:else/>
<style>.fullpost{display:none;}</style>
<p><data:post.body/>
<a expr:href='data:post.url'><strong>Read more...
</strong></a></p>
</b:if>


Simpan template, dan blog kita sudah siap menampilkan Read More di postingan kita. Kata read more pada kode di atas bisa kita ganti sesuai selera. Selesai.

Nah sekarang bagaimana caranya posting artikel ber-"read more.."? Setelah kita melakukan perubahan seperti di atas, setiap membuat entri baru pilih mode Edit HTML. Di situ kita akan mendapatkan kode span-span muncul sendiri.

Tulis paragraf (atau beberapa paragraf) sebelum kode <span class="fullpost">.
Kemudian tulis sisanya setelah kode tersebut dan sebelum kode </span>

Terus postingan yang lama? Yah... anda perlu bersabar mengedit satu per satu postingan itu. Soalnya di postingan yang lama, belum ada kode span-span buat read more. Tapi tetap muncul di bawah postingan kita karena template telah kita ubah seperti itu. Ya seperti blog saya ini, gara-gara penasaran apa sih yang bikin teman-teman saya gagal menampilkan Read more. Akhirnya diedit semua.

Masih belum berhasil? Periksa kode-kode HTML di postingan anda. Kalau perlu, hapus semua yang berbau kode HTML, selain kode read more. Baru setelah itu ditata lagi di mode WYSIWYG.

Belum bisa juga? Ampun deh... Balikin saja templatenya pakai backup yang sudah disiapkan tadi. Hapus juga kode yang sudah ditambahkan di Pengaturan. Nampaknya anda tidak diizinkan menampilkan Read More. Hihihi.... ^^v Peace...

Sumber: http://kolom-tutorial.blogspot.com/2008/01/trik-mudah-membuat-more.html

0 komentar:

Posting Komentar