Blog biasa dari orang biasa

10.26.2009

Saat ini saya lagi seneng main-main dengan desktop Linux Zenwalk saya di PC. Baru iseng-iseng pakai Enlightenment (E16), window manager yang enteng dan (katanya) indah. Tapi saya belum menemukan caranya membuat si E16 ini kelihatan indah.

Meskipun cuma windows manager, enlightenment bisa berfungsi layaknya Desktop Environment. Yah... memang ada berbagai kekurangan jika dibanding dengan DE beneran. Generasi selanjutnya (E17) yang masih terus dikembagkan kabarnya akan membawa fitur sebagaimana layaknya Desktop environment.

Baru seperti ini yang bisa saya utak-atik.


Ini enlightenment, dengan custom di background image ditambah wbar dan cairo clock. O iya, enlightenment mendukung composite dan compiz (belum nyoba) sehingga cairo clock bisa jalan. Tidak seperti LXDE.


Kalau yang ini, ditambah tint2 sebagai taskbar. Ini kelemahan Enlightenment (menurut saya). E16 tidak dilengkapi taskbar, hanya ada iconbar yang saya pikir tidak praktis. Efek animate-nya sih keren, cuma kalau ingin mengakses jendela yang lain, harus minimize dulu yang ada, atau resize window biar kelihatan icon bar-nya.

tint2 cukup membantu untuk dijadikan taskbar. Hanya saja saya masih kesulitan membuat beberapa aplikasi yang saya butuhkan kaya tint2 ini menjadi autostart. Entah di bagian mana yang harus di config biar setidaknya tint2 dan wbar otomatis ke-load saat memakai enlightenment.

Selain enlightenment, FVWM menanti. Saya sangat penasaran dengan tampilan fvwm yang keren di Austrumi. Cari-cari informasi dulu deh...

0 komentar:

Posting Komentar