Blog biasa dari orang biasa

12.29.2009

Kalau anda memakai Zenwalk 6.2, mungkin anda juga mengalami problem yang sama dengan saya. Saat shutdown, atau reboot, ada jeda cukup lama sampai komputer mati. Kalau dilihat, prosesnya mandeg cukup lama pada update shared library. Secara umum mungkin bukan masalah besar, tapi di versi-versi sebelumnya tidak dijumpai semacam itu.

Googling, saya menemukan solusinya dari forum Zenwalk. Awalnya agak bingung, tapi setelah dioprek, akhirnya paham juga caranya.


Sebenarnya, menurut pemahaman saya dari yang saya baca di forum Zenwalk, delay yang lama itu disebabkan lamanya proses caching font. Jadi setiap kali shutdown atau reboot, Zenwalk melakukan recaching yang butuh waktu lama. Maka proses ini yang diakali.

Pertama, cari buka file rc.6 di /etc/rc.d/rc.6 pake text editor. O iya, harus pake super user (root). Buka aja lewat terminal
$ su
Password: (masukkan password root)
# mousepad /etc/rc.d/rc.6

Kedua, cari bagian # Font caching (bukan cacingan...). Sudah ketemu? Kalau belum, pake CTRL+F

Ketiga, Ganti bagian # Font caching tadi, dari tanda (#) Font caching sampai sebelum tanda (#) lagi, dengan script ini (buatan salah satu Zenwalker di forum Zenwalk)

# Font caching
RECACHE=0
[ -e /etc/fonts.list ] && ( du /usr/share/fonts > /tmp/fonts.list ) && (cmp -s /etc/fonts.list /tmp/fonts.list ) && RECACHE=1

if [ ${RECACHE} -eq 0 ]; then
du /usr/share/fonts > /etc/fonts.list
for fontdir in cyrillic OTF TTF 100dpi 75dpi misc Type1 Speedo util encodings; do
[ -d /usr/share/fonts/${fontdir} ] && \
(
[ -x /usr/bin/mkfontscale ] && ( chroot . /usr/bin/mkfontscale /usr/share/fonts/${fontdir} > /dev/null 2>&1 )
[ -x /usr/bin/mkfontdir ] && ( chroot . /usr/bin/mkfontdir /usr/share/fonts/${fontdir} > /dev/null 2>&1 )
)
done
fi

Keempat, jangan lupa di-save. Kemudian reboot komputer.

Shutdown selanjutnya seharusnya lebih cepat. Kecuali jika kita menginstall font baru, karena saat install font baru, Zenwalk butuh melakukan proses recaching lagi. Tapi setelah itu, akan kembali lebih cepat.

Saya sudah mencobanya dan berjalan dengan baik. Semoga bermanfaat.


0 komentar:

Posting Komentar