Blog biasa dari orang biasa

1.13.2010

Arora adalah salah satu aplikasi internet browser. Konon, browser ini lebih ringan dan lebih cepat. Well, saya tidak bisa membuktikan kecepatannya, wong komputer saya tidak terkoneksi internet. Saya butuh browser cuma buat buka file HTML dan sejenisnya. Kalau anda pengen tahu lebih banyak soal browser ini, silakan cek di sini

Browser ini cross platform, artinya tersedia tidak hanya untuk satu OS saja, bahkan untuk sistem operasi yang tidak populer. Untuk linux, tersedia source code (tarball) yang bisa kita compile. Nah, ini yang cukup menarik buat saya.

Tidak seperti kebanyakan source code yang menggunakan cara lama dengan tiga jurus ampuh ./configure && make && make install, untuk meng-compile source code Arora, kita butuh Qt 4.5. Jadi bukan GCC yang digunakan.


Anda bisa baca di file README,
Arora uses the qmake build system. If you already have Qt 4.5 or newer on your system building is as easy as running the command 'qmake' and then 'make' or 'nmake' on Windows.
For more detailed information see http://code.google.com/p/arora/wiki/source?tm=4


Jadi, kita memakai 3 jurus yang sedikit berbeda
qmake
make
make install

Waktu kompilasinya cukup lama di komputer saya. Sekitar 40 menitan. Melihat tampilannya, sekilas mirip Mozilla Firefox. Tapi juga kaya Opera, karena pake Qt. Layak dicoba kok.

1 komentar: