Blog biasa dari orang biasa

12.27.2009

Bisa nggak sih ngetik karakter arabic di Linux? Bisa banget. Ini saya kasih contoh di Zenwalk 6.2, pake Open Office 3.1.


Bagaimana caranya biar bisa ngetik arab? Gampang kok. Saya beri contoh untuk desktop XFCE 4.6.1 bawaan Zenwalk 6.2. Untuk versi sebelumnya bisa jadi belum ada. Untuk Gnome atau KDE, silakan tanya simbah Google. Yang lain, coba dicari juga, mudah-mudahan juga bisa. Oke, kita mulai

Cara pertama, lewat Xfce Settings
1. Buka Keyboard settings dari Menu > Settings > (Xfce Settings Manager) > Keyboard settings
2. Pada jendela Keyboard Settings, pilih Layout


3. Hilangkan contreng (uncheck) Use system defaults
4. Klik Add untuk menambahkan layout arabic pada Keyboard


5. Di jendela Keyboard layout selection, pilih arabic > tipe keyboard (pengguna di Indonesia biasanya qwerty) > OK

6. Selesai. Layout arabic sudah bisa kita pakai di Zenwalk.


Cara kedua, lewat Add Panel
Cara ini lebih mudah dan memudahkan, karena kita juga sekalian menambahkan shortcut dan shortkey untuk mengubah keyboard layout.
1. Klik kanan pada panel, kemudian pilih Add New Items


2. Pilih Keyboard layouts
3. Pada jendela Keyboard Layouts, di bagian Change Layout Option kita bisa mengatur shortkey. Saya memilih Alt+shift. Pilih Add untuk menambahkan layout arabic seperti cara pertama.


4. Di bagian Show layout as, kita bisa pilih image atau text. Kalau memilih image, maka panel Keyboard layout berbentuk gambar bendera, seperti gambar berikut.


5. Selesai. Untuk berpindah layout dari arabic ke us tinggal klik panel, atau tekan shortkey di keyboard (di komputer saya berarti kombinasi Alt+Shift).

Gampang kan? O ya, jangan lupa menginstall font arabic biar bisa ngetik karakter arab. Kalau font belum diinstall ya sama juga bohong. Selamat mencoba.

0 komentar:

Posting Komentar