Blog biasa dari orang biasa

12.13.2009

Beberapa waktu kemarin, XP saya agak bermasalah. Ya sudah, sekalian di-install ulang. Kebetulan baru saja dapet CD XP yang genuine (masih bajakan juga sih... :D), pre activated. Lumayan, gak perlu pakai wpa crack :p

Setelah install ulang, LILO bawaannya Zenwalk ilang. Tapi kali ini saya tidak ingin nginstall ulang Zenwalk. Maka saya cari-cari cara mengembalikan LILO yang tertimpa si XP ini. Setelah diubek-ubek, dipelajari, dan dicoba, inilah cara yang berhasil saya gunakan.

1. Boot CD Zenwalk seperti kalau mau nginstall, tekan enter. Atau jika diperlukan, masukkan dulu parameter booting, seperti di komputer saya yang mesti pake ata-vga

2. Pilih Partition buat mengetahui letak partisi Zenwalk. Kalau sudah hafal dimana letaknya, lewati aja tahap ini. Letak partisi Zenwalk saya ada di /dev/sda2

3. Pilih exit. Lho kok? Ya ikuti aja lah...

4. Setelah exit, kita masuk ke CLI mode. Mount partisi zenwalk dengan perintah mount -t [tipe partisi] /dev/sdxx /lokasi-mounting. Di komputer saya jadinya:
# mount -t ext3 /dev/sda2 /mnt


5. Kemudian masukkan perintah chroot /lokasi-mounting
# chroot /mnt

kemudian
# lilo


Reboot komputer, dan LILO-ku kembali..!!!
Semoga bermanfaat.

0 komentar:

Posting Komentar