Blog biasa dari orang biasa

1.14.2010

Akhirnya saya bisa memanfaatkan Enlightment DR17 (E17) buat desktop, setelah sedikit 'memaksa' xorg.conf menampilkan resolusi yang saya mau. He..he.. Habisnya, konfigurasi default dari Zenwalk di komputer saya (xorg.conf-vesa) tidak bersahabat dengan E17 ini.

Pamer screenshots dulu ah....


Sebelumnya saya pernah mem-posting artikel tentang window manager enlightenment DR16 (E16). E17 ini adalah kelanjutan project e16, yang nampaknya bakal mengarah menjadi desktop environment. Berbagai fitur layaknya DE disediakan di E17 ini. Memang belum selengkap lainnya, tapi project ini masih terus berkembang. Bahasa mereka, Under Heavy Development. Dan yang saya gunakan ini tentu saja belum stable.

Yang membuat saya kesengsem dengan E17 ini adalah keindahan grafisnya yang aduhai tapi luar biasa ringan. Keren banget pokoknya. Dan nampaknya, kelak E17 akan menjadi pilihan utama distro-distro lightweight. Hmm.. kita tunggu saja.




Kalau anda memakai Zenwalk, anda bisa mendownload E17 di http://packages.zenwalk.org/?b=/extra/e&zversion=current. Cukup download e17_base, e17_libs, dan imlib2, dan E17 sudah bisa kita gunakan. Paket lainnya sebenarnya opsional, tapi cukup penting juga agar E17 lebih keren. O ya, jangan lupa sekalian download gnome-menus untuk memunculkan menu applications di start menu E17 ini. Kecuali kalau anda memakai KDE. KDE menu bisa menggantikan gnome-menus tadi.

Artikel ini mungkin bisa lebih membantu kalau anda memang tertarik menginstall Enlightenment DR17 yang keren ini.

1 komentar:

  1. e17 belum stabil, saya masih bertahan memakai e16. Theme nya mayan banyak kok buat e16. tint2 jg saya pakai, biar start tiap restart pasang di .e16/Init/autostart.sh . supaya gk overlap bisa pencet alt+klick kanan, ada menu2 nya bisa di coba2.

    salam kenal,
    adi.yatama/at/gmail.com

    BalasHapus