Blog biasa dari orang biasa

9.23.2010


Lagi iseng browse package database-nya Zenwalk, saya nemu aplikasi yang keren dan sangat berguna. Namanya Klavaro. Ini aplikasi yang cocok buat anda (dan saya) yang cuma bisa ngetik 11 jari (10 jari tangan tambah 1 jari kaki kali ya... :D ), tapi pengen bisa ngetik 10 jari.

Ya, Klavaro adalah software untuk Typing Tutor, untuk belajar mengetik 10 jari secara cepat dan tepat. Dibuat oleh Felipe Castro dan Petr Machata, dengan lisensi GNU GPL v3. Mendukung beberapa layout Keyboard dan beberapa bahasa. Sayangnya belum ada bahasa Indonesia :(


Di menu utamanya, kita bisa menemukan 5 menu, mulai dari Introduction sampai Fluidity. Menu-menu ini akan mengajari kita secara bertahap dari basic sampai mahir. Menu introduction akan mengenalkan kita yang pemula bagaimana cara memencet tombol keyboard, jari mana yang digunakan untuk memencet suatu tombol. Kemudian ada 5 step untuk mulai melatih satu per satu jari kita.


Mulai menu Basic course, kita diberi semacam game. Diawali dengan yang sederhana, cuma mencet F, J dan spasi yang diulang-ulang secara random. Buat saya, cuma mencet 3 tombol itu aja rasanya susah tanpa melakukan kesalahan.. :D Sampai menu terakhir, Fluidity, kita ditantang mengetikkan teks yang kompleks beberapa paragraf. Ada progress report-nya juga untuk mengetahui perkembangan kemampuan mengetik kita.

Anda yang memakai Zenwalk, bisa download di sini. Jangan lupa dicek dependensi-nya. Yang lain cari di repo masing-masing distro ya.. Atau bisa cari paket atau source code-nya di klavaro.sourceforge.net/. Buat windows dan MacOSX juga ada. Nanti kalau sudah pinter ngetik 'kan bisa buka usaha pengetikan.. v^^
Salam

0 komentar:

Posting Komentar