Blog biasa dari orang biasa

9.03.2010

Ceritanya saya pengen mencoba Zenwalk Gnome yang baru saya download beberapa hari kemarin. Tapi saya males burning CD, eman-eman CD blank-nya... Mau bikin usb bootable,, wong komputer saya gak bisa boot dari usb... Kemudian saya teringat dengan tutorial yang pernah saya baca di Kaskus, booting iso live CD di HDD via GRUB2. Saya coba-coba sesuaikan dengan LILO. Dan hasilnya, capek... :D

Karena gagal, saya putuskan untuk mencari tutorial yang lain, yang menggunakan LILO. Beberapa artikel saya dapatkan. Kesimpulan saya, butuh satu partisi harddisk lagi untuk bisa mengikuti tutorial-tutorial tersebut. Padahal kapasitas HDD saya terbatas. Tapi nggak pa-pa, yang penting dapet ilmunya.

Akhirnya saya putuskan untuk install dari flashdisk. Bagaimana caranya?

Kita bisa memanfaatkan CD instalasi Zenwalk yang lama. Sebenarnya cara ini cuma memanfaatkan menu instalasinya saja. Saya masih punya versi 6.0, 6.2, dan yang terbaru, 6.4. Terserah mau pakai yang mana, Slackware juga bisa.

Berarti yang kita perlukan untuk memulai cara ini adalah file ISO Zenwalk Gnome di flashdisk (atau bisa juga di harddisk), dan CD instalasi Zenwalk yang lama.

Pertama, boot CD Zenwalk yang kita punya. Setelah masuk menu instalasi, pilih Exit. Lho kok exit..? Udah deh,, ikut aja... Setelah exit, kita masuk mode CLI.

Bikin mountpoint untuk flashdisk (atau HDD) dan mountpoint untuk ISO image (yang ini jangan di /mnt). Misalnya kita bikin /fdd untuk flashdisk dan /iso untuk ISO

# mkdir /fdd
# mkdir /iso


Kemudian mount flashdisk ke /fdd. Flashdisk saya terdeteksi sebagai /dev/sdc, kalo anda nyoba tutorial ini, jangan lupa disesuaikan. Rumusnya mount -t [tipe filesystem] /dev/sdx [mountpoint]

# mount -t vfat /dev/sdc /fdd


O iya, kalo anda nyoba dari HDD, jangan pake NTFS. Nggak bisa dimuat. Pake FAT atau ext aja.

Sekarang mount file ISO-nya ke /iso

# mount -o loop /fdd/zenwalk-gnome-6.4.iso /iso -t iso9660


Sekarang kita kembali ke menu instalasinya

# setup


Kemudian kita lakukan langkah-langkah instalasi yang dibutuhkan seperti biasa, sampai pada step memilih install from CD atau Pre-mounted directory. Pilih pre-mounted directory, kemudian isikan mountpoint file ISO tadi (dalam kasus ini: /iso).

Kalo instalasi berjalan, berarti kita sudah berhasil. Berhasil... Berhasil... :-P

Bagaimana kalo nggak punya CDROM, atau nggak punya CD Zenwalk/ Slackware-family lainnya..? Kita bisa manfaatkan LILO atau grub. Syaratnya kita sudah punya OS Linux terinstall. Prinsipnya, siapkan satu partisi, mount file ISO, kopi isi file ISO (yang sudah di-mount) ke partisi tersebut (isinya lho ya,, bukan ISO-nya), kemudian edit lilo.conf biar bisa nge-load partisi itu. Kira kira ditambah seperti ini

image = /kernel/bzImage
root = /dev/sdx
label = Zenwalk
initrd = /isolinux/initrd.img
read-only


Biar lebih shohih dan jelas, tanya sama ustadz Google aja ya. Soalnya saya juga belum coba.

Semoga bermanfaat...

1 komentar:

  1. kasih gambar napa ? saya sebagai pengunjung blog jadi bingung dengan ni artikel karna ga ada gambar untuk dijadikan tutorialnya

    BalasHapus