Blog biasa dari orang biasa

6.21.2009

Zenwalk cukup dikenal dengan performanya. Ringan dan cepat. Distro ini merupakan turunan slackware. Saat ini versi stabil zenwalk yang terakhir adalah versi 6.0. Pengguna Linux di Indonesia pasti mengenal salah satu keluarga Zenwalk buatan anak bangsa, Zencafe, Zenwalk for internet cafe.

Sedangkan wolvix sepertinya kurang populer di sini. Tapi distro ini menawarkan fitur aplikasi yang melimpah terutama aplikasi multimedia dan network. Wolvix juga turunan Slackware. Saat ini versi Wolvix terbaru adalah versi 2.0 (tapi masih beta 2). Sayangnya di versi ini tidak ada game-nya, tidak seperti versi-versi sebelumnya.

Jika kita ingin memakai Zenwalk sebagai sistem operasi karena jatuh hati pada performanya, namun juga ingin menikmati komplitnya wolvix, kita bisa mengawin silangkan keduanya. Caranya mudah. Saya dapatkan tips ini ketika masih memakai zencafe 1.4 (link sumbernya nyusul deh, dicari-cari belum ketemu).

Pertama, siapkan cd instalasi zenwalk dan wolvix. Bisa download, beli, atau pinjam punya orang. Terserah yang versi berapa. Saran saya, saya tidak tahu berpengaruh atau tidak, tapi yang sudah saya praktekkan, pilih zenwalk yang versi kernelnya lebih baru ketimbang wolvix. Wolvix-nya kita pakai versi hunter, bukan cub.

Kedua, install wolvix terlebih dahulu. Wolvix tersedia dalam bentuk live cd. Untuk login gunakan username root, password toor. Untuk menginstall wolvix dilakukan melalui wolvix control panel. Pilih opsi Full Install pada tab HD Install. Lengkapnya baca di sini.


Setelah selesai menginstall wolvix, jangan di restart dulu. Langkah ketiga yang kita lakukan adalah mencari file hasil instalasi wolvix, kemudian menghapus semua file tersebut kecuali yang berada dalam direktori /usr. Lokasi harddisk kita dimount ada di /mnt. Jadi misalnya kita menginstall wolvix di partisi kedua, berarti file hasil instalasinya ada di /mnt/hda2.

Keempat, restart, keluarkan cd wolvix, dan kita ganti dengan cd zenwalk. Sekarang kita install zenwalk pada partisi yang sama dengan partisi tempat wolvix diinstall, dengan catatan, partisi ini jangan di format ulang. Pilih No ketika ditanyakan Format this partition? Panduan instalasi zenwalk bisa dibaca di sini atau download versi PDF-nya (sebenarnya buat Zencafe 2.0, tapi sama kok..).

Selesai. Kita tinggal melengkapi yang diminta zenwalk sebelum menggunakannya. Dan jadilah, sekarang kita punya zenwalk yang punya aplikasi sekomplit wolvix.

Hanya saja, yang perlu diingat, terkadang ada beberapa aplikasi bawaan wolvix yang tidak bisa dijalankan. Misalnya gparted, dan GIMP. Gparted bermasalah dengan dependensinya (libdevmapper), yang ternyata ada di direktori /lib (bukan /usr/lib). Sebaiknya libdevmapper jangan dihapus kalau ingin gparted bisa dijalankan.

Sedangkan pada GIMP terjadi konflik, karena GIMP bawaan zenwalk (2.6.5) lebih lawas ketimbang wolvix (2.6.6). Saran saya, direktori /var/log/packages jangan ikut dihapus agar kita bisa menguninstall program dengan mudah. Agar GIMP bisa digunakan, uninstall GIMP 2.6.6 bawaan wolvix. Lainnya? Utak-atik aja lah..

Selamat mencoba!

-------------------------------------------------------------
Daftar aplikasi hasil kawin silang
Accessories:
Application Finder, Archive Manager, Bulk Rename, Catfish, Character Map, GNOME Commander, Galculator, HP Device manager, ISO Master, Mousepad, Task Manager, Terminal, Thunar, Xarchiver, Xpad, medit, xCHM
Development:
Bluefish Editor, Geany, Glade Interface Designer, Hex editor, Kompozer, Meld Diff Viewer, SciTe
Graphics:
Comix, Dia, Evince, GIMP, GQview, Gtkam, Inkscape, Rawstudio, gThumb, mtPaint
Multimedia:
Asunder, Audacious, Audacity, Brasero, CD Player, OGMRip, Exaile, GNOMEBaker, gPodder, Grip, gtkPod, Kino, MPlayer, Totem Media Player, Mixer, Mp3splt-gtk, Sound Recorder, Subtitle Editor, Xine, avidemux2, gnormalize, Streamtuner
Network:
Chestnut Dialer, Deluge BitTorrent Client, Filezilla, Firefox, GNOME PPP, Gadmin Samba, gftp, Icedove, Iceweasel, Liferea, Linux DC++, Mirage, Network Shares (Gigolo), Pidgin, Skype, Thunderbird, Transmission BitTorrent Client, Wifi Radar, XChat IRC, pyNeighborhood, wpa gui
Office:
Abiword, Gnumeric, Homebank, NoteCase, OpenOffice.org 3.0 (Calc, Draw, Impress, Writer), Calendar, Osmo Personal Organizer, Xsane, Zim Desktop Wiki, gLabels
System:
Zenwalk Control Panel, GParted, Grsync, Gslapt Package Manager, Htop, LSHW, Ndiswrapper, Netpkg, Network manager, PPPoA Dialer, PPPoE Dialer, Sensors Values Viewer, Wine, Wolvix Control Panel

0 komentar:

Posting Komentar