Blog biasa dari orang biasa

7.25.2009

Setelah lama tidak menyentuh LXDE, rasanya saya mulai jatuh hati lagi dengan desktop environment yang satu ini. Gara-garanya saya mulai bisa bermain-main dengan tampilannya yang menawan. Xfce sekarang mulai saya tinggalkan.. :D

LXDE, Lighweight X11 Desktop Environment, adalah salah satu desktop environment di Linux. Lighweight, fast, and modern, begitu jargon mereka. Ringan, cepat, dan modern. Nampaknya LXDE memang diperuntukkan bagi yang menginginkan performa menawan tanpa melupakan keindahan penampilan.

Lalu bagaimanakah saya bisa kembali jatuh hati? Berikut ini sedikit ilmu yang bisa saya pelajari dan share di blog ini.

Membuat dan Memodifikasi Shortcut Desktop

Ini satu hal yang tidak saya pahami sebelumnya. Ini juga yang membuat saya pernah 'mencampakkan' LXDE. Sampai akhirnya saya mulai mengoprek cara membuat shortcut desktop dalam lingkungan LXDE.

Tidak seperti di Xfce atau GNome, yang cukup mudah dengan klik kanan lalu create launcher, saya menemukan cara yang berbeda tapi ternyata tetap gampang. Kita bisa membuat shortcut desktop dengan meng copy-paste atau membuat link file *.desktop yang ada di direktori /usr/share/applications. Misalnya kita ingin membuat shortcut untuk GIMP, cukup copy file gimp.desktop ke /home/user/Desktop.

Bagaimana kalai kita ingin mengganti icon-nya? Karena modus graphical tidak tersedia (ada sih.. tapi di linux saya belum terinstall), maka jalan satu-satunya adalah dengan diedit. Kita bisa mengedit *.dektop dengan mousepad atau editor lain dan memodifikasinya agar sesuai keinginan kita.
Saya dapat satu ilmu lagi deh..., gara-gara pakai linux..


Memodifikasi Panel

Lxpanel, panelnya LXDE, secara default nampak berwarna hitam seperti panel pada windows Vista. Tapi panel ini bisa dikustomisasi dengan mudah dengan modus graphical. Kita bisa ubah warna panel dengan background lain, dibuat transparan, atau kita set agar mengikuti tema yang kita gunakan. Kita juga bisa dengan mudah menambah quick launch dan item-item lainnya.

Tapi saya sangat tertarik mengganti icon pada LXDE menu yang ternyata tidak bisa diubah dengan modus GUI. Sekali lagi, jalan satu-satunya adalah dengan mengedit. File yang mana yang bisa diedit? Setelah muter-muter mencari, filenya saya temukan di /home/user/.config/lxpanel/LXDE/panel. File panel ini bisa kita edit agar menampilkan icon yang kita inginkan.

Karena sudah tahu caranya, saya ingin membuat panel ini nampak seperti windows XP. Maka saya pun membuat image untuk menu dan background panel. Jadilah seperti screenshot berikut ini. Lumayan mirip kan panelnya?


Dua ilmu saya peroleh.. Alhamdulillah...

Dan ilmu ini saya coba praktekkan pada windows XP saya. Tidak banyak memang, hanya saya jadi bisa mengedit file *.theme untuk mengakali theme buat XP yang sudah saya dapatkan. Insya Allah akan saya bahas di artikel mendatang.

Oke, sekian dulu ya... Seperti LXDE bilang, lets speed up your desktop!

2 komentar:

  1. Ditunggu mas artikel selanjutnya. Salam kenal. :)

    BalasHapus
  2. salam kenal juga mas.. :)
    trimakasih dah berkunjung...

    BalasHapus